Jumat, 11 November 2011

Perjalanan Hidup

Sesuatu yang Tak Pernah Terfikirkan “Perikanan”
Hmmm perikanan.. tidak pernah terfikirkan olehku.. aku akan kuliah di jurusan perikanan.. sejak kecil aku bercita-cita menjadi seorang Dokter…  dengan berjalannya waktu cita-cita itu berubah aku ingin menjadi seorang insinyur pertanian.. alasanya karena ayahq bekerja di dinas pertanian.. ya namanya masih anak-anak cita-cita itupun berubah kembali.. hehe aku ingin menjadi seorang pencipta robot karena sering melihat tayangan televisi tentang kompetisi robot..

 Dalam angan2ku setelah aku lulus SMA aku akan kuliah di jurusan elektro. Nah setelah lulus kuliah aku berangan-angan  akan bekerja di Pertamina atau di PLN tepatnya Indonesia Power.. dalam pikiranku sambil bekerja aku akan menciptakan robot yang intinya akan memudahkan kerja manusia.. Namun sayang cita-citaq kuliah di jurusan elektro pupus.. di Bangku SMA aku hanya bisa berangan-angan tinggi hanya bisa bermimpi tanpa ada usaha yang nyata.. tanpa ada realisasi untuk mewujudkan angan-angan atau mimpiku itu.. Setiap hari kegiatanq di sekolah hanya bermalas-malasan duduk di belakang dan setiap ada guru yang menerangkan aq tidur.. kalaupun tidak tidur aq hanya mengobrol dengan teman disampingq..  setiap hari berdoa semoga ada jam kosong.. Tembok setinggi 2meter aq panjat demi untuk pulang lebih awal hehe sampai pernah saking semangatnya manjat tembok celanaq nyangkut dan rasanya malu waktu itu banyak lah ulahq dibangku SMA.. kalau teringat  bikin kepalaq geleng-geleng sendiri.. hehe smpai2 ngk terasa masa-masa SMA hmpir berakhir..
Setelah sadar masa-masa SMAq akan berakhir hati ini mulai tegang rasanya maklum selama kelas 10 dan 11 di SMA ngk ada materi dari guru yang bisa aku pahami.. Kelas 12 ini mulai aku teguhkan hati aq ingin berubah… aku mulai serius belajar dari yng duduk pojok paling belakang di kelas 12 ini aq duduk  paling depan , depan persis meja guru.. namun apalah ibarat rumah kalau pondasi rapuh kalau ingin membangun bangunan di atasnya akan sulit juga, susah sekali menerima materi dari guru. Pada saat itu menyesal rasanya atas apa yang ku perbuat kemarin-kemarin. Aq berfikir akibat apa yang aku perbuat kemarin-kemarin orang tuaq jadi aku repotkan  gara-gara harus membayar biaya Les yang lumayan besar tiga mata pelajaran dengan tiga guru yang berbeda-beda aku ikuti untuk mengejar ketertinggalanq. 
 Di sela-sela belajar untuk persiapan UAN  ternyata salah satu perguruan tinggi negeri membuka pendaftaran jalur prestasi walaupun prestasiku di SMA bisa di bilang nol besar aku coba ikuti.. siapa tau keberuntungan berpihak padaku hehe  pilihanq adalah jurusan Teknik Kimia karena jurusan teknik elektro tidak ada di perguruan tinggi itu. Ya karena memang ternyata prestasiku minim sudah bisa ditebak aq tidak diterima  sedih rasanya tapi bagaimana lagi.. Tidak lama berselang ada sebuah perguruan tinggi yang membuka pendaftaran jalur ujian Mandiri ya setelah bknsultasi dengan orang tua aku putuskan untuk mendaftar.. di pendaftaran aku  harus mencantumkan dua pilihan jurusan yang aku inginkan untuk pilihan pertama aku tak ragu untuk memilih Teknik Elektro.. tapi untuk pilihan kedua aku masih bngung.. beberapa hari aku minta pendapat ke orang tu, Tanya tman2 yng lain.. Ya orang tua memberikan beberapa list jurusan yang istilahnya minim peminat, peluang diterimanya juga besar namun tetap salah satu bidang yang aku senangi.. Ya setelah berfikir lama aku putuskan masuk jurusan perikanan prodi budidaya perairan.. pada waktu memilih prodi tersebut dalam benakq aku mempunyai tetangga seorang dosen perikanan hehe ngk tau tiba2 terfikir itu. Ya singkatnya pertimbangan terbesar kenapa aq memilih perikanan dalam list yang diberikan oleh orang tuaku ada dua jurusan yang aku minati yaitu perikanan dan peternakan. Jika aku memilih peternakan jujur saja pada waktu hari raya idhul adha jika melihat hewan qurban disembelih rasanya ngk tega.. jadi peternakan rasanya ngk begitu cocok..bwtku hehe.. Pada waktu tes masuk wah hanya sedikit soal yang berhasil aku kerjakan jadi pasrah lah.. tpi anehnya setelah tes keinginanq kuliah di jurusan Teknik sdikit menurun aku malah membayangkan menjadi seorang pengusaha perikanan.. aku mulai membayangkan punya kolam yang didalamnya banyak ikan hehe. Wah waktu pengumuman ternyata benar yang diterima adalah pilihan keduaku yaitu jurusan perikanan budidaya perairan. Jujur saja pada saat pengumuman snang rasanya diterima. Godaan selanjutnya muncul dari orang-orang disekelilingku masalah prospek kedepan lah, masalah jurusan buangan lah dll . Disela2 menunggu hasil aku mendaftar diperguruan tinggi yang bekerjasama dengan PLN. Dalam ujian masuk tersebut terdapat beberapa macam Tes. Nah tes pertama yaitu tes akademik tanpa aku duga aku berhasil lolos. Namun setelah lolos aku di buat bingung.. aku harus memilih salah satu memilih Perikanan yang sudah pasti diterimanya atau meneruskan Tes. Karena batas pembayaran  kuliah di Perikanan sebesar 19juta ngk bleh di ambil kembali. Orang tuaq juga dibuat bngung  malah sempat orang tua berfikir untuk tetap membayar dan aku disuruh meneruskan tes masuk Teknik. Wah aku dibuat bingung tentang usul dari orang tuaq. Namun  setelah beberapa hari berfikir sudah aku putuskan untuk memilih Perikanan hehe.. namun aku iseng-iseng tetap melanjutkan Tes hehe dan ternyata pilihanku tepat aku ngk lolos Tes psikologi hehe. Ya mungkin memang  perikanan adalah yang terbaik bagiku. Aku jalani ini dengan hati senang ke ikhlasan terbukti dengan berjalanya waktu aku sudah mulai menyukai bidang ini.. Dengan Doa, Keyakinan dan Usaha akan terus kukejar cita-cita sebagai Eksportir  ikan hias yang sukses!! Aku selalu berkeyakinan dan berdoa Allah akan mengabulkan cita-citaku sebagai Eksportir  ikan hias yang Sukses Amin…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar